New pApeRs oF mY LifE


VLC streaming
Januari 24, 2008, 12:13 am
Filed under: linux

    Malem ni aq nyoba2 streaming make VLC setelah ikutan bantuin kumanz yang gi mo ngerjain TA-nya. awalnya aq penasaran coz dy setting VLC lewat konsole, padahal kan ada interfacenya yang bisa mempermudah pengaturan settingan. oh ya sekedar info aq menggunakan ubuntu gutsy, tapi pada dasarnya settingan VLC akan sama untuk semua linux.

Langkah streaming menggunakan VLC (server side):

1. Install dulu VLC media player

install.jpg

2. Jalankan VLC media player

bukavlc.jpg vlc.jpg

3. Klik file > Wizard > stream to network > next

wizard.jpg stream.jpg

4. Pilih file yang akan qta streaming: choose > browse > oke > next

input.jpg input3.jpg input4.jpg

5. Encapsulation format

format.jpg

6. Qta tentukan metode streaming : unicast (satu ke satu), multicast (satu ke banyak), dan http > next

disini saya menggunakan metode multicast agar banyak orang yang bisa menikmati streaming ini

alamat multicast yg saya pake : 239.255.255.10

streaming.jpg

7. Option tambahan : TTL (Time To Live : menentukan banyanya router yg bisa dilewati) defaultnya 1

addoption.jpg

8. Finish : VLC server akan langsung berjalan

 

Untuk bisa mendengarkan qta gunakan VLC media player juga (client side) :

Pilih open network stream > pilih multicast (karena server multicast) dgn IP 239.255.255.10 port default 1234 > oke

networkstream.jpg networkstream2.jpg

VLC akan langsung mem-play streaming qta

 

Semoga bermanfaat, CMIIW


6 Komentar so far
Tinggalkan komentar

saya coba kok g bs ngestream videonya, lgn pas diservernya ga muncul videonya. kira2 knp ya…

Komentar oleh budi irawan

sama , saya juga g bisa stream ya…???
malah Mode wizard nya aku cari2 juga ga da
mohon pencerahannya
thx

Komentar oleh joe

kami juga tdk bisa stream.dan menu wizard td tersedia.mohon pencerahannya bozzz

Komentar oleh joe

Bisa ga di tulisin setting diclient nya?soalnya di client ga bisa muncul streaming nya…gimana donk???

Komentar oleh nie

thx aku coba dulu ya… buat blog ku nih di stovia

Komentar oleh health

aku coba ya…

Komentar oleh health




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: